Laman

Sebagian dari isi postingan di blog ini adalah repost dari link blog sahabat, saya tidak bermaksud menjiplak tujuan saya adalah untuk dokumentasi pribadi dan memberi informasi kepada pengunjung blog ini tidak ada maksud lain, terimakasih buat blog-blog sahabat, semoga tetap sukses,Terimakasih.
بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Maret 24, 2010

Planet Pertama Beriklim Bersahabat Terdeteksi

Kamis, 18 Maret 2010 11:51 WIB
CANARY ISLANDS--MI: Meski berjarak 1.500 tahun cahaya dari Bumi, CoRoT-9b merupakan planet pertama yang memiliki iklim bersahabat dan mirip dengan sejumlah planet dalam tata surya kita.


Kehadiran CoRoT-9b terdeteksi oleh pesawat luar angkasa CoRoT yang memang ditujukan guna mencari planet yang tak dapat terlihat dari teleskop di Bumi. "Planet itu seukuran Jupiter dan jalur orbitnya sama dengan Merkuri," ujar kepala tim peneliti Dr Hans Deeg dari Instituto de Astrofisica de Canarias di Canary Islands. Dalam jurnal Nature, para ilmuwan menjelaskan bahwa CoRoT-9b merupakan planet pertama yang dapat diteliti lebih rinci.

Sebelumnya, lebih dari 400 eksoplanet telah ditemukan di

luar tata surya kita. Tetapi, Dr Deeg menyatakan kesemua planet itu terlalu eksotis. Yang ia maksud dengan eksotis yakni, "Planet-planet itu terlalu panas, terlalu dekat dengan matahari, atau memiliki orbit eksentrik sehingga mereka terlalu dekat atau jauh dari bintang. Karena itu, mereka memiliki suhu yang sangat ekstrem."

"Karena CoRoT-9b memiliki iklim yang bersahabat, di planet ini kita dapat menerapkan model yang dikembangkan untuk planet dalam sistem tata surya kita," kata Dr Deeg. Suhu permukaan CoRoT-9b diperkirakan antara -20 dan 160 derajat celsius.

CoRoT-9b terdeteksi oleh satelit CoRoT milik badan antariksa Prancis Centre National d'Etudes Spatiales. Keberadaannya juga dikonfirmasi oleh beberapa pengamatan melalui teleskop, di antaranya di Obsevatoriun Selatan Eropa di Tenerife. "Kami tidak mengetahui warna sebenarnya dari planet tersebut. Planet itu terlihat biru mungkin karena tertutup oleh atmosfer dan awan," ujarnya.

mediaindonesia.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...